SAVE OUR EARTH

mari menjaga bumi lebih baik lagi

Visitors

search disini

24 Maret 2009

PAKAH ANGIN RIBUT(HURRICANE), TOPAN DAN TORNADO???

APAKAH ANGIN RIBUT(HURRICANE), TOPAN DAN TORNADO???
berikut ulasannya, agar kita dapat membedakan ketiga jenis badai tersebut..

a. hurricane (angin ribut)
adalah badai berskala besar yang mempunyai kisaran wilayah 100-1000 mil. dihasilkan dari tekanan rendah yang terjadi pada lautan yang sedang hangat. Jika angin bertiup pada lautan tersebut, dan dengan tidak memperhatikan faktor2 yang lain maka angin ribut cenderung akan terjadi. angin ribut terjadi di samudra ATLANTIK dan juga samudra PASIFIK bagian TIMUR.

angin ribut menghasilkan hujan dan kecepatan angin antara 74-160 mil per jam. Banjir yang besar biasanya diasosiasikan dengan angin jenis ini. angin ribut mempunyai putaran yang berlawanan arah jarum jam (siklonis) di belahan bumi bagian utara dan sebaliknya di belahan bumi bagian selatan.

b. angin topan (typhoon).
Angin topan punya pengertian yang hampir sama dengan angin ribut, hanya saja angin ini terjadi di samudra PASIFIK bagian BARAT dan dengan demikian cenderung lebih besar intensitasnya dibandingkan angin ribut mengingat samudra pasifik bagian barat memiliki lautan yang lebih luas dari atlantik.

c. angin puting beliung (tornado).
tornado merupakan badai lokal yang mempunyai diameter wilayah antara 50 m sampai lebih dari 1,5 mil. Sering muncul di USA pada saat udara dingin dari Canada bertemu dengan udara hangat dari mexico. angin dapat bertiup pada kecepetan 60 sampai lebih dari 320 mil per jam, menyebabkan lebih banyak kerusakan dibandingkan angin ribut. tornado biasanya diikuti oleh hujan es dan petir. Jenis badai ini sangat sulit diprediksi karena durasinya yang pendek.

d. sekarang kita bahas badai
Angin ribut, angin topan, tornado dan juga hujan deras yang lama bisa kita gabungkan semuanya dalam satu kata BADAI.
dalam skala Beaufort (skala yang digunakan untuk mengkasfikasikan jenis-jenis angin), badai masuk dalam skala beaufort 11 dengan kecepatan angin antara 64-75 mil per jam, sedangkan angin ribut ada pada level 12 di skala beufort dengan kecepatan diatas 75 mil per jam

2 komentar:

coment nya ditampung...